fakta unik tentang tidur


 Tidur adalah istirahat paling baik dari semua jenis istirahat yang ada. Selain itu, tidur juga dapat menyehatkan dan menyegarkan tubuh kita setelah lelah dengan aktivitas, tentu saja tidur sesuai aturan dan batasan serta keteraturan dalam istirahat.
Tapi tahukah Anda jika tidur itu mempunyai fakta yang menarik. Berikut fakta tentang tidur yang pastinya sangat menarik untuk dibaca.
1. Tidur Balas Dendam

Maksudnya adalah jika pada saat kita libur, kita tidur sampai dengan siang hari. Faktanya bangun siang akan sangat mengganggu pola tidur Anda. Alangkah baiknya jika Anda mengatur jadwal tidur Anda agar Anda dapat tidur tepat setiap malamnya.
2. Orang Tua Tidur Lebih Sedikit

Sepintas jika dilihat memang begitu. Faktanya orang tua mempunyai waktu tidur yang sama dengan anak muda yaiut antara 7 hingga 9 jam perhari. Pola tidur mereka saja yang berubah yang intensitas waktu tidurnya sama saja.
3. Mengistirahatkan Otak

Banyak orang berkata kalau tidur itu mengistirahatkan otak. Faktanya otak masih tetep aktif walau kita dalam keadaan tidur. Otak mengontrol fungsi-fungsi tubuh seperti bernafas.
4. Bangun Tengah Malam

Jika Anda terbangun tengah malam, sebaiknya tetap ditempat dan mencoba tidur kembali. Faktanya saat Anda terbangun tengah malam dan tidak bisa tidur kembali dalam 10-15 menit, sebaiknya Anda berpindah tempat dan mencoba tdur kemabli. Jika Anda masih tetap di tempat tidur, itu hanya akan membuat Anda susah tidur dan merasa gelisah.
5. Tidur-tiduran Di Kamar

Sebelum tidur sebaiknya melakukan aktivitas di kamar tidur agar bisa tertidur pulas. Faktanya jika banyak melakukan aktivitas di kamar tidur maka makin sulit Anda tidur disana. Sebaiknya, kamar tidur hanya digunakan untuk tidur dan melakukan hubungan seksual.
6. Seks Pada Malam Hari

Berhubungan seks
pada malam hari malah akan membuat Anda semakin terjaga. Faktanya berhubungan seks melepaskan hormon Endorfin yang membuat Anda merasa nyaman terhadap diri Anda. Melepas stres akan membuat Anda lebih mudah tertidur.
7. Suhu Ruangan

Meringkuk dibawah selimut akan membuat Anda lebih mudah tertidur. Faktanya suhu dingin membuat Anda lebih mudah tertidur, jadi bukalah jendela kamar Anda sedikit agar tidak kepansan dan tidak kedinginan.
8. Mendengkur

Mendengkur
tidak berpengaruh pada kesehatan. Faktanya mendengkur juga mengganggu kesehatan Anda. Ini adalah salah satu gejala kelainan tidur yang disebut “sleep apnea”. Jika Anda mendengkur dengan keras dan ada jeda yang panjang dalam dengkuran Anda, segerlah konsultasikan hal ini ke dokter. Penyakit ini dapat disembuhkan.



Artikel Terkait:

Share this article :
Ping your blog, website, or RSS feed for Free
 
Comments
0 Comments

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. nganggur blog - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger